Delapan Puluh Sembilan Hariku

Sunday, August 9
"Kita sama-sama punya waktu 24 Jam, 1.440 Menit dan 86.400 Detik 1 hari nya. Tapi, yang membedakan pada waktu tersebut kita gunakan buat apa"

Sebelumnya saya pernah meng-upload gambar sebuah file yang nama file nya Apa yang aku hasilkan libur ini? ke story WhatsApp dengan caption Nanti Inshaallah di akhir libur akan aku deskripsikan libur ala Riska yang hasilnya apa aja sih.

89 Hari sama dengan 2.136 Jam
Ternyata sangat panjang libur kali ini
Terhitung dari terakhir perkuliahan semester 2 pada tanggal 12 Mei 2020 itu juga terakhir bagi Dosen untuk mengisi Nilai Mahasiswa yang biasa kita sebut KHS (Kartu Hasil Studi).
 
Hore tiba waktunya di akhir liburku :)
Sejujurnya aku bangga bisa masuk kuliah lagi besok agar tidak monoton juga tidak menghasilkan apa-apa dihariku hmm sayang sekali itu :(

Bermula dari hari pertama libur ughh rasa lega karena sukses melewati masa Semester 2 Pendidikan Fisika dan semangat sekali seperti semua yang ingin aku capai kayaknya sangat banyak deh waktu tersedia jadi list rencana untuk 3 Bulan ke depan aku buat hari itu juga  seperti Tiap hari nya baca artikel dan menyimpulkan nya dengan mencatat ke word tanpa lihat teks lagi dungs pastinya, juga di sebuah file aku masukkan 3 Buku Fisika (Kelas X,XI dan XII) serta Buku Sirah Nabawiyah.
Alhasil hanya berapa lembar yang dibaca :)

Iyah kurang lebih seminggu pertama aku tiap hari nya membaca artikel kayak berita-berita terus di simpulkan apa yang aku dapat dari membaca itu hmm ingat  salah satu artikelnya tentang Corona. Seiring berjalannya waktu hari demi hari berlalu banyak juga informasi-informasi dari Grup ke Grup WhatsApp maupun Telegram tentang kayak seminar, workshop, diskusi online, kuliah WhatsApp (Kulwap) dan lain sebagainya list an rencana tadi kayak nggak terlalu di prioritaskan lagi malah seminggu setelah itu tidak lagi membaca artikel apalagi untuk menyimpulkan :(
Banyak sekali masuk grup tersebut dan anehnya semangat ketika pendaftaran nya saja seperti Follow Ig nya dan share Info itu ke Sosial media akhirnya masuk grup tapi tidak untuk stay tune ketika hari H dilaksanakan :( Pikirku sekarang untuk apa loh Riska hmm??

Ada juga se per bagian berapa itu setia mendengarkan pembicara saat dilaksanakan serta semangat untuk menambah relasi dengan PC anggota grup itu salah satu teman yang sampe sekarang masih connect itu Ainun dari Lumajang. Hai Ainun :) 

Kling """ nada dering hp berbunyi ketika itu dari Grup Fisika 19 oleh Bpak Ketang Wiyono yang membagikan juga menyarankan untuk ikut Lomba yang dilaksanakan oleh Universitas Tadulako dengan Lomba ceramah mengenai "Fisika dan Alquran" 
Hssst terbesit di pikiran untuk mencoba ikut lomba tersebut dan langsung gercep chat temanku Deasy (Dari UNISKI , Pend.Bahasa Indonesia 2019) minta tolong temenin ke Masjid Bayumi untuk satu tugas pintaku :v 
Malam-malam aku buat teks nya lebih kurang 1 Lembar 1 halaman tentang terfokus pada Ilmuwan Albert Einstein kemudian mulai baca-baca dan memahami nya, Besoknya kami ke tempat tujuan dan Alhasil setelah video di Edit dikirim ke Bpak dosen dari Univ Tadulako, juga tak lupa untuk mengabadikan aku upload juga ke Instagram @anggrainii.riska.
Lagi² di grup pada saat itu di bulan puasa Ramadhan ada yang men share info Lomba Gema Unsri dengan banyak cabang lomba seperti Tilawah, Ceramah, Adzan dan lain-lain, Lantas pikirku daripada aku hanya sibuk dengan hal tidak terlalu penting di rumah saja alangkah baiknya aku ikut lomba tersebut itung² juga jadi pengalaman kalau juara yah itu bonus mah toh gratis juga pendaftarannya nggak rugi sama sekali oke aku daftar untuk cabang lomba Tilawah nya terus buat videonya kemudian upload nya. 
2 hari setelah itu ada chat person dari Mbak itu lupa aku :) menyarankan untuk ikut lagi Lomba dari BO Barokah FKIP yaitu Fhototation kalau nggak salah kita disuruh upload foto dengan caption di 10 terakhir Ramadhan sibuk ngapain, Pas bener waktu itu ada foto aku sedang pegang Al-Quran hehe itu juga nggak siap foto nya jadi aku mainkan pada caption nya saja akhirnya ikut deh.
Sebelum libur sebenarnya kami telah mengajukan untuk ikut Program Mahasiswa Kewirausahaan (PMW) tetapi karena adanya Pandemi terpaksa diteruskan ketika di rumah, di rumah sering juga bahas-bahas Persiapan PMW terlebih ketika grup Lupy kami dinyatakan lulus tahap 1 dan selanjutnya tahap wawancara jadi sering kayak diskusi via WhatsApp juga Google meet.
Scroll - scroll beranda di Instagram banyak mendapat kan informasi seperti virtual live bareng BGPalembang tentang Wisata Kito +-2 jam membahas kota Sriwijaya serta sejarah peninggalan²nya.
 Dan menemukan info tentang ke Jepang untuk tahun 2021 nantinya But bayaran 100k perihal banyak yang kurang mendukung jadi hanya sampe buat postingan saja tidak sampai transfer pendaftarannya.
Kemudian menemukan info lagi dari akun Instagram @Youcan Empower untuk Fully Funded ke 2 Tempat yaitu Bangka dan Labengki ini juga pendaftarannya harus bayar 100k dengan semangatnya aku bayar uang pendaftaran dan segera mengisi form pendaftaran.
Tidak lama dari hari ini ada info Lomba Speech Competition yang diadakan UKMBahasa Unsri tema nya ada banyak salah satu nya "How Covid-19 Would Affect The Future Of Youth Indonesia" aku mencoba ikut dengan langsung bayar biaya pendaftaran itu 25k sedang sama sekali sebelumnya punya pengalaman lomba speech kayak teman-teman yang lain nya, memberanikan diri dengan mencoba sesuatu yang baru. Pada penilaian nya ada juara favorit dilihat dari banyaknya yang Like Postingan yeah alhasil 1 kali 2 kali setelah tutupnya pendaftaran video ku selalu jadi Top #Speechcompetition di Instagram But ketika itu juri mengabarkan di grup bahwa penilaian di undur mengingat banyaknya peserta Jadi lama kelamaan video ku menjadi urutan 2 3 4 dan tidak lagi menjadi video Top #SpeechCompetition tersebut.
Masih lanjut diadakan UKMBahasa tetapi sekarang Newscasting aku mencoba ikut lagi jujur sebenarnya bingung gimana sih Newscasting itu karena saat Technical meeting tiba² Google Meet nggak berfungsi dengan baik tiap kali masuk ke room dia keluar sendiri jadi mencari² informasi di YouTube kemudian aku buat teks nya 1 halaman Hvs dan aku hafalkan juga agar tidak terfokus hanya membaca teks saat di videokan. Sunggu menghafal teks Bahasa Inggris sungguh melelahkan apalagi untuk teks sepanjang itu.

Kalian tau ? Dari semua itu tidak ada satupun juara kecuali Tim PMW yang Alhamdulillah di dana oleh Unsri.

Tetapi banyak sekali pengalaman-pengalaman baru yang didapat :) Biarlah menjadi kisah hidupku yang akan aku ceritakan kepada anakku nanti perihal ; Memanfaatkan waktu muda selagi masih kuat dan bertenaga, Selalu mencoba , Tidak pernah menyerah , Selalu berpikir bahwa semua terjadi dalam hidupmu adalah skenario Allah tuhanmu yang maha segalanya. 

Di akhir ini masih ada menunggu pengumuman 1). Panwaslu FKIP
2). Volunteer Sumatera 3). Tutor September-Oktober nantinya.
Semoga hasilnya yang terbaik yups Aamiin :)

Usaha Maksimal = Hasil Maksimal
Ketika hasil tidak maksimal dapat dipastikan usaha nya belum maksimal Jadi perlu adanya perbaikan dan ber Instrospeksi. 
Katakan ini ketika kamu sulit dan merasa perjuanganmu hambar dan sia- sia 
*Allah tahu semua ini kok**
Tidak akan dia biarkan hamba Nya yang berjuang tidak ada hasil apapun. Mustahil itu. Apalagi Allah paling senang hamba Nya yang bekerja keras. 
           -Riska Anggraini-










Comments

  1. Wehh keren, waktu liburnya bermanfaat banget

    ReplyDelete
  2. Mirip konsep > Aksi Reaksi nihh..
    Usaha maksimal = hasil maksimal..
    Mantul dehhh 😁

    ReplyDelete
  3. Kita diberikan waktu 24 jam, klo 8 jamnya kita gunakan untuk tidur, artinya jika umur kita 60 tahun, kita tidur selama 20 tahun di dunia ini.

    ReplyDelete
  4. Mantep, semangat, jalani hari-harimu dengan rasa syukur dan tetap percaya bahwa semua yang diberikannya adalah yang terbaik darinya

    ReplyDelete
  5. Wah keren salut sama orang2 yang selalu bisa mewujudkan usahanya pada tahap maksimal. Jadi malu sama diri sendiri yang pengennya usaha dikit hasil banyak(((emot menyesal, kalau ada)))

    ReplyDelete
  6. Semangat dekkk...! Btw, Mbak galfok sama tulisan paling atas "Belajar dan Pembelajaran" itu adalah salah satu MK di prodi Mbak wkwkw

    ReplyDelete
  7. Masyallah produktif sekali liburannya, yakin lah ketetapannya merupakan hal yang terbaik, silahkan evaluasi yang maish kurang, mantap lah

    ReplyDelete
  8. Weh kece nih, pantang menyerah sebelum mencoba. Btw selamat ya untuk PMW nya didanai. Asik dong hihi

    ReplyDelete
  9. Progressif sekali ya liburannyya. Kece.

    ReplyDelete
  10. Wahh, mantappp...
    Smoga sllu produktif dan bermanfaat waktunya 😍

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cerita Wawancara Beasiswa Unggulan (BU) Tahun2023